Kamis 06 Jan 2022 02:00 WIB

Tak Juga Tertidur Setelah 10 Menit, Harus Apa Biar Bisa Pulas?

American Sleep Association mengungkapkan satu trik mudah untuk mempermudah tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Sejak pandemi melanda, banyak orang yang mengalami susah tidur.
Foto:

Perlengkapan di kamar tidur juga bisa membantu mempermudah tidur. Beberapa di antaranya adalah selimut dengan pemberat atau weighted blanket, diffuser minyak esensial, dan pencahayaan redup.

National Health Service (NHS) menyebut, salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah relaksasi sekitar satu jam sebelum tidur. Minuman berkafein sebaiknya tidak dikonsumsi pada kurun waktu enam jam sebelum jam tidur.

Hindari pula berolahraga sekitar empat jam sebelum jam tidur. Para ahli di NHS tidak merekomendasikan tidur siang, meski merasa lelah.

Sebagai tambahan, saat ini ada beberapa produk yang bisa membantu mempermudah tidur. Salah satunya adalah produk dengan kandungan bahan yang dapat memunculkan rasa kantuk secara alami, seperti lavender.

"(Produk) itu tak bisa menyembuhkan insomnia, tapi dapat membantu tidur menjadi lebih baik selama satu atau dua pekan," ungkap NHS.

Orang-orang yang mengalami insomnia dianjurkan untuk tidak menggunakan produk yang mempermudah tidur lebih dari dua pekan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko efek samping. Orang-orang yang bergelut dengan insomnia sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement