Selasa 04 Jan 2022 19:20 WIB

Mengenal 'Flurona' dan Perkembangan Kasusnya

'Flurona' merupakan infeksi ganda flu dan virus corona Covid-19.

'Flurona' merupakan infeksi ganda flu dan virus corona Covid-19 (Foto: ilustrasi)
Foto:

Sementara, pembahasan mengenai flurona beberapa hari terakhir menyedot perhatian publik. Pada Kamis (30/12/2021), Israel mendeteksi kasus flurona pertama pada seorang ibu hamil. 

Ketua Satuan Tugas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban mengatakan, Flurona bukan varian Covid-19 baru, melainkan sebuah kondisi di mana seorang individu mengalami infeksi virus influenza sekaligus SARS-CoV-2 di waktu yang bersamaan.

"Yang perlu diketahui dari flurona, bukan varian baru, flurona adalah infeksi ganda Covid-19 dan Influenza, " kata Zubairi dalam akun Twitternya @ProfesorZubairi dikutip, Selasa.

Zubairi mengatakan, florona disebut terindikasi merusak sistem kekebalan. Namun, hal itu masih sedang dipelajari lebih lanjut. 

Kasus flurona ini ditemukan ketika ibu hamil berusia muda tersebut dilarikan ke rumah sakit untuk melahirkan. Sang ibu hamil diketahui tak memiliki riwayat vaksinasi Covid-19 dan flu. Pada saat kasus flurona ditemukan, Israel sedang menghadapi peningkatan kasus Covid-19 akibat varian Delta dan Omicron serta lonjakan flu.

Menurut WHO, cara terbaik untuk mencegah gejala berat dan perawatan di rumah sakit akibat Covid-19 dan flu adalah melalui vaksinasi. Saat ini, baik vaksin Covid-19 maupun vaksin flu telah tersedia luas dan bisa diakses oleh orang-orang yang memenuhi kriteria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement