Jumat 31 Dec 2021 01:05 WIB

5 Manfaat Jalan Kaki Secara Teratur untuk Kesehatan

Hal terbaik dari jalan kaki selain menyehatkan juga dilakukan dimana saja dan gratis

Jalan Kaki (ilustrasi). Hal terbaik dari jalan kaki selain menyehatkan juga dilakukan dimana saja dan gratis
Foto: www.piqsels.com
Jalan Kaki (ilustrasi). Hal terbaik dari jalan kaki selain menyehatkan juga dilakukan dimana saja dan gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin mengurangi stres, tidur lebih nyenyak dan mungkin hidup lebih lama?  berjalan kakilah setiap hari selama 20 menit. Dijamin badan lebih enak dan berat badan seimbang.

Dilansir dari eatthis.com pada Kamis (30/12), manfaat jalan kaki bagi kesehatan mental dan fisik tidak terbatas. Bagian terbaiknya adalah gratis untuk dilakukan, tidak memerlukan keterampilan atau peralatan khusus dan mudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Berikut lima manfaat jalan kaki untuk kesehatan:

1. Dapat Membantu Pertahankan Berat Badan 

Berjalan membakar kalori dan dapat membantu menjaga massa otot. Jadi, masuk akal jika itu bisa berperan dalam manajemen berat badan.  Satu studi International Journal of Obesity menemukan bahwa mereka yang mengambil 15.000 langkah atau lebih per hari cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak duduk.

Dibutuhkan rata-rata orang sekitar 2 jam untuk mencapai angka itu.  Untuk mewujudkannya, pertimbangkan untuk menyebarkan langkah Anda sepanjang hari.  Mungkin Anda berjalan-jalan selama satu jam sebelum bekerja dan kemudian melanjutkan saat pulang kantor.

2. Dapat Membantu Mengelola Kondisi Kronis

Jika dokter Anda telah memberi tahu bahwa Anda memiliki peningkatan risiko untuk kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes, pertimbangkan untuk menjadikan jalan-jalan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.  Menggunakan data dari studi National Walkers' Health, para peneliti menemukan bahwa berjalan-jalan secara teratur mengurangi risiko kondisi ini masing-masing sebesar 7,7 persen, 7 persen dan 12,3 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement