Senin 27 Dec 2021 03:57 WIB

Lima Manfaat Kesehatan dari Biji Chia

Biji chia adalah sumber nutrisi yang mengandung kalsium hingga zat besi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Biji chia
Foto: flickr
Biji chia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda telah lama menerapkan pola hidup sehat dan aktif, tentu sudah tidak aneh dengan biji chia atau chia seed. Biji super ini telah muncul sebagai salah satu makanan sehat paling populer belakangan ini terutama di kalangan vegan. Chia seed bisa dikonsumsi dengan ditambahkan ke dalam makanan sebagai bagian dari sarapan, oat, smoothies, dessert dan lainnya.

Selain mudah diolah, biji chia juga memiliki memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan umum yang ditawarkan oleh biji chia seperti dilansir dari Times Now News, Ahad (26/12).

Baca Juga

Kaya protein nabati

Biji chia dapat membantu menyediakan jumlah protein yang dibutuhkan tubuh. Dalam sekitar 28 gram chia seed terdapat 5,6 gram protein. Selain itu, chia seed juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan sel.

Kesehatan tulang

Biji chia adalah sumber nutrisi yang kaya seperti kalsium, zat besi, protein dan lainnya yang memainkan peran integral dalam mengatur kesehatan dan kekuatan tulang.

Kesehatan otak

Biji yang luar biasa ini merupakan sumber asam lemak Omega 3. Sering ditemukan pada ikan berlemak, nutrisi ini terbukti efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif pada manusia.

Bantu turunkan berat badan

Menurut USDA, 28 gram biji chia mengandung sekitar 130 kalori dan 5,6 g protein. Konsumsi biji chia dalam jumlah sedang dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang, sehingga meredakan rasa lapar yang tidak wajar. Ini dapat membantu dalam proses manajemen berat badan. Namun, biji ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan kalorinya yang signifikan.

Tingkatkan kesehatan pencernaan

Biji chia adalah sumber serat yang kaya. Menurut USDA, 28 gram biji chia mengandung sekitar 11,2 gram serat. Ini dapat sangat memengaruhi metabolisme dan pergerakan usus, sehingga membantu kesehatan pencernaan yang sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement