Selasa 21 Dec 2021 19:41 WIB

5 Keluhan di Lidah yang Bisa Jadi Tanda Penyakit

Perhatikan perubahan yang terjadi pada lidah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lidah. Keluhan pada lidah dapat menjadi petunjuk adanya penyakit.
Foto:

Lidah putih

NHS mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa lidah bisa menjadi putih atau memiliki noda putih. Salah satu penyebabnya adalah Lichen planus yang bisa menyebabkan timbulnya noda putih di lidah dan ruam merah di bagian tubuh lain.

Dalam kasus berat, lichen planus perlu diobati dengan steroid atau terapi khusus lain. Masalah ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun, akan tetapi mouthwash atau semprotan dari dokter bisa membantu meringankan gejala.

Lidah putih juga bisa terjadi akibat obat tertentu. Kondisi ini pun dapat menunjukan bahwa tubuh kekurangan zat besi atau B12.

Noda putih dan merah

Noda putih pada permukaan lidah, atau sisi, atas, dan bawah mulut bisa jadi gejala dari leukoplakia. Menurut panduan, leukoplakia tak selalu membutuhkan pengobatan. Akan tetapi, pemerksaan berkala perlu dilakukan untuk memastikan noda putih tidak membesar.

Noda ini juga bisa diperkecil melalui beberapa upaya. Sebagian di antaranya adalah melalui berhenti merokok dan setop mengonsumsi alkohol. Noda atau patches leukoplakia cenderung tidak sakit dan memiliki bentuk acak, tetapi tidak bisa digosok atau digores.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement