Selasa 21 Dec 2021 14:43 WIB

Lima Sumber Nutrisi yang Bisa Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Selain aspek genetik, tinggi badan anak juga bisa dipengaruhi oleh asupan nutrisinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Susu segar (Ilustrasi). Susu termasuk salah satu nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak.
Foto: Pixabay
Susu segar (Ilustrasi). Susu termasuk salah satu nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh sejumlah hal berbeda. Aspek genetik cukup dominan (70-80 persen), namun faktor-faktor seperti nutrisi, gaya hidup, dan olahraga tetap relevan dalam jangka panjang.

Mendapatkan nutrisi yang tepat dapat menjadi kunci untuk perkembangan dan kekuatan tulang sehingga berkontribusi pada tinggi badan. Misalnya, protein, kalsium, lemak sehat, zat besi, vitamin D, magnesium, dan fosfor.

Baca Juga

Bicara tentang nutrisi, ada makanan tertentu yang dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi dan mempertahankannya dalam jangka panjang. Berikut lima makanan utama yang perlu menjadi bagian dari pola makan:

- Kacang almond

Menyantap segenggam kacang almond setiap pagi dapat membantu meningkatkan daya ingat, memaksimalkan penglihatan, dan mendukung pertumbuhan pada anak. Kacang almond mengandung mineral, vitamin, dan lemak sehat.

Cara mengonsumsinya bisa dimakan langsung atau dengan susu dan oatmeal. Menurut beberapa penelitian, almond terkait dengan kesehatan tulang yang lebih baik. Kandungan vitamin E di dalamnya membantu anak tumbuh tinggi.

- Telur

Sebutir telur berukuran besar memuat sekitar enam gram protein, asam amino yang mendorong pembentukan tulang dan memperkuatnya. Telur juga sumber lemak dan menawarkan vitamin D, nutrisi yang membantu tulang menyerap kalsium dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement