Rabu 09 Dec 2020 13:22 WIB

5 Cara Mengawal Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Tinggi seorang anak akan tumbuh pada tahapan dan tingkatan yang berbeda.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Tinggi anak berbeda (ilustrasi)
Foto: Pikist
Tinggi anak berbeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin, sebagian ibu sering merasa prihatin dengan tinggi badan anak-anaknya. Tak heran bila ibu kerap memberikan buah hatinya nutrisi dan asupan vitamin yang tepat.

Namun, itu saja ternyata tidak cukup untuk pertumbuhan fisik dan kesejahteraan anak secara keseluruhan. Tinggi seorang anak akan tumbuh pada tahapan dan tingkatan yang berbeda. 

Baca Juga

Melansir laman pinkvilla, Rabu (9/12), beberapa di antaranya, fase pertumbuhan anak akan dimulai lebih awal. Setidaknya, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mengawal tinggi badan buah hatinya dengan memperhatikan asupan nutrisinya.

 

1. Diet yang tepat

Pastikan anak mengikuti diet yang seimbang. Mereka harus diberi makan dengan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk pertumbuhan tubuh. 

Tulang mereka perlu diperkuat untuk menopang tinggi badan. Diet seimbang harus mencakup semua karbohidrat, lemak, dan protein. Jauhkan anak dari junk food dan minuman soda. 

Zinc diketahui memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan anak. Jadi, makanan kaya zinc seperti biji labu dan kacang juga harus ditambahkan ke dalam makanan mereka.

 

2. Latih leher

Latihan peregangan, terutama pada leher sangat membantu. Ini dapat memberikan dampak besar pada anak. Mereka memfasilitasi proses pertumbuhan tinggi anak-anak dan otot juga menjadi kuat.

 

3. Tidur yang cukup

Terbukti bahwa tidur ternyata bisa menjadi faktor dalam meningkatkan pertumbuhan tinggi badan anak. Tidur dapat mempengaruhi pertumbuhan dalam jangka panjang. Tidur yang cukup selama delapan jam membantu anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat.

 

4. Postur yang baik

Mempertahankan postur tubuh yang baik, misalnya, saat duduk punggung lurus membantu meningkatkan tinggi badan anak. Dengan menjaga postur tubuh yang lurus, anak akan bertambah tinggi. Postur yang baik menghilangkan stres dari tulang belakang dan tidak mengganggu pertumbuhan anak.

 

5. Melompat

Melompat adalah latihan lain yang dapat membantu mengembangkan pertumbuhan anak. Ini juga bermanfaat untuk jantung dan membantu anak-anak menjadi lebih tinggi. Tubuh meregang dan memberikan pertumbuhan vertikal pada anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement