Sabtu 18 Dec 2021 16:12 WIB

5 Manfaat Makan Cokelat Hitam

Cokelat hitam tinggi kandungan antioksidan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Cokelat yang masuk dalam jenis cokelat hitam atau dark chocolate lebih sehat bagi tubuh.
Foto:

- Kesehatan otot dan saraf

Cokelat hitam dikemas dengan magnesium yang membantu kesehatan otot dan saraf. Bersama dengan 98 persen dari kebutuhan kalium, itu bisa membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang.

Karena kaya akan antioksidan, polifenol dalam cokelat hitam dapat membantu tubuh membentuk lebih banyak oksida nitrat. Senyawa itu menyebabkan pembuluh darah melebar dan darah mengalir lebih mudah, memungkinkan seseorang bisa beraktivitas fisik lebih lama.

Epicatechin yang ditemukan dalam flavanol kakao juga mendukung aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, organ vital dan otot mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi optimal.

Penelitian yang diterbitkan di Sports Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kafein meningkatkan kekuatan dan daya tahan. Selain itu, konsumsi kafein dan karbohidrat (kombinasi dalam cokelat) dapat membantu meningkatkan pemulihan otot setelah berolahraga berat.

 

- Tingkatkan kekuatan otak

Jika merasa perlu fokus dan hendak melakoni tes penting, makan saja cokelat hitam. Studi oleh University of Nottingham mengungkap bahwa makan cokelat hitam dapat memberi otak dorongan kewaspadaan dalam jangka pendek.

Studi lain pada 2011 terhadap orang dewasa muda menemukan peningkatan memori dan waktu reaksi pada peserta, dua jam setelah mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan flavanol tinggi. Itu jika dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi cokelat putih dengan kandungan flavanol rendah, dikutip dari laman Wellbeing News, Sabtu (18/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement