Sabtu 18 Dec 2021 13:53 WIB

Bintang Emon Hingga Nycta Gina Suarakan #SaatnyaAdaUntukIbu

Peran sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) bukan perkara mudah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus Yulianto
Ungkapkan dukungan untuk ibu di Hari Ibu lewat kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu.
Foto: Istimewa
Ungkapkan dukungan untuk ibu di Hari Ibu lewat kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta kita kepada ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Mungkin bagi yang sudah sibuk bekerja, moment Hari Ibu adalah hari yang tepat untuk memberikan kejutan terbaik.

Komika Bintang Emon menceritakan betapa hebat sang ibu lewat kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu. “Kuat melebihi baja. Lembut melebihi sutera. Itu dia ibu gua! Lovyu full bu’e,” tulis Bintang dalam sebuah poster yang dibuatnya.

Menjadi ibu juga terkadang bisa seru dan lucu, seperti yang dijalani Nycta Gina. Nycta selalu menemani dua anaknya untuk menonton kartun favorit mereka setiap hari, sementara ia merasa bahwa dirinya adalah tokoh nyata dari film itu.

“Demi anak dan suami, aku rela jadi ninja hatori, di pagi hari. Yuk bisa yuk Bu!!!” tulis Nycta juga dalam sebuah poster yang dibuatnya, sebagai semangat untuk dirinya dan juga seluruh ibu yang membacanya.

#SaatnyaAdaUntukIbu VFresh Cap Lang ingin mengajak semua orang, untuk sama-sama membantu mengurangi terpaan stres ibu yang kian berat.

Karena selama pandemi, ibu harus mengurus rumah, suami, hingga menemani rutinitas anak bersekolah di rumah (study-from-home), dan semua harus dijalani dengan senyuman dan kesabaran.

Sebuah survei dari aplikasi TemanBumil pada 2020 yang melibatkan 1.192 responden, menyebut 56 persen ibu rumah tangga mengaku mengalami stres dan gejala kecemasan, sulit tidur serta mudah marah. 

Stress and Anger Management Specialist Certified Meditation Instructor, Bagia Saputra, mengatakan bahwa stres didefinisikan sebagai respon fisik dan psikis terhadap pemicu stres, baik yang muncul dari dalam diri maupun lingkungan.

“Stres ini bisa berdampak pada hampir seluruh sistem biologis, emosi, dan perilaku seseorang,” ungkap dia dalam keterangan rilisnya, Jumat (17/12).

Salah seorang ibu rumah tangga modern yang aktif di dunia digital, Amelia Siska, mengatakan, sering dianggap sebelah mata karena hanya menjadi ibu rumah tangga. Padahal tugas rumah yang dikerjakan setiap hari, bukanlah hal yang bisa disepelekan. 

“Kita harus mengatur seluruh kebutuhan rumah tangga, mengurus anak, dan menyiapkan segala keperluan suami. Terlebih pada masa pandemi ini, kita harus memastikan suami dan anak-anak mendapatkan perhatian ekstra,” ungkap dia.

Gaungan #SaatnyaAdaUntukIbu jadi moment yang tepat untuk semua orang mengerti dengan apa yang dijalankan ibu. Bukan justru malah men-judge, tetapi justru harus membantu sebisa mungkin agar beban pikiran para ibu lebih ringan.

“Peran sebagai Ibu Rumah Tangga bukan perkara mudah. Mereka jarang memiliki waktu untuk diri sendiri. Seluruh masyarakat harus menyuarakan dukungan untuk para Ibu Super Indonesia, yang sudah memberikan seluruh waktunya bagi keluarga,” ucap Senior Brand Manager VFresh Cap Lang, Yanti Oktavia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement