Jumat 17 Dec 2021 02:32 WIB

5 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh, Salah Satunya Probiotik

Konsumsi vitamin dan priobiotik menjadi salah satu cara tepat menjaga kekebalan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Makanan sehat (ilustrasi). Jika diet Anda kaya akan makanan seperti produk segar berwarna-warni setiap hari, Anda akan mendapatkan banyak vitamin yang mendukung sistem kekebalan Anda.  Vitamin C, B6 dan E adalah vitamin pendukung kekebalan terbaik. Seperti buah jeruk, stroberi, bayam, kangkung, brokoli, ayam, salmon, tuna,  Kacang-kacangan dan biji-bijian.
Foto: Pixabay
Makanan sehat (ilustrasi). Jika diet Anda kaya akan makanan seperti produk segar berwarna-warni setiap hari, Anda akan mendapatkan banyak vitamin yang mendukung sistem kekebalan Anda. Vitamin C, B6 dan E adalah vitamin pendukung kekebalan terbaik. Seperti buah jeruk, stroberi, bayam, kangkung, brokoli, ayam, salmon, tuna, Kacang-kacangan dan biji-bijian.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tahukah Anda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bekerja sepanjang waktu untuk mempertahankan tubuh Anda dari virus? Itu tidak pernah berhenti melakukan perannya dalam melindungi Anda. 

Jadi, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda tetap sehat adalah menjadikan kesehatan kekebalan Anda sebagai prioritas utama dalam rutinitas kesehatan Anda.

Dilansir dari timesofoman.com pada Kamis (16/12), berikut adalah beberapa cara mudah untuk menjaga sistem kekebalan Anda agar berfungsi dengan baik yaitu : 

1. Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin 

Jika diet Anda kaya akan makanan seperti produk segar berwarna-warni setiap hari, Anda akan mendapatkan banyak vitamin yang mendukung sistem kekebalan Anda.  Vitamin C, B6 dan E adalah vitamin pendukung kekebalan terbaik. Seperti buah jeruk, stroberi, bayam, kangkung, brokoli, ayam, salmon, tuna,  Kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Suplemen Kesehatan  

Jika Anda merasa tubuh tidak cukup mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda. Anda bisa tambahkan suplemen untuk kesehatan kekebalan yang optimal. 

3. Konsumsi Probiotik 

Kesehatan saluran pencernaan tergantung pada banyaknya bakteri baik atau probiotik di dalamnya. Bakteri probiotik dapat berinteraksi dengan mikrobioma usus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Tidur yang Cukup 

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap malam. Perhatikan jam tidur Anda selama seminggu untuk melihat apakah Anda mendapatkan tidur yang memulihkan yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda. Jika tidak, cobalah mengatur jadwal tidur dan bangun yang teratur bahkan di akhir pekan yang memungkinkan Anda sedikit waktu untuk bersantai sebelum tidur juga.

5. Kurangi Stres

Selain cukup tidur setiap malam, mengurangi stres harian juga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan Anda. Cobalah teknik yang dapat menurunkan tingkat stres Anda, seperti melakukan sesuatu yang Anda sukai. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement