Sabtu 11 Dec 2021 06:30 WIB

Dosis 1 Vaksin Pfizer-Dosis 2 Moderna Beri Kekebalan Lebih Tinggi

Mencampur vaksin dengan merek berbeda jadi strategi capai kekebalan lebih tinggi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Studi University of Oxford, Inggris menunjukkan mendapatkan satu dosis vaksin Pfizer disusul vaksin Moderna sebagai dosis kedua menghasilkan respons sistem kekebalan yang lebih baik daripada hanya dua dosis Pfizer.
Foto:

Dosis ketiga

Perusahaan industri farmasi Pfizer mengatakan pada Rabu (8/12), vaksin booster Covid-19 mungkin menawarkan perlindungan terhadap varian omicron. Berdasarkan tes laboratorium Pfizer dan BioNTech, vaksin booster dapat meningkatkan 25 kali lipat antibodi yang mampu melawan omicron.

Bagi orang yang belum mendapatkan dosis tambahan, dua dosis sudah cukup untuk mencegah penyakit parah atau kematian. Sebelum hasil tes keluar, otoritas kesehatan di Amerika Serikat (AS) dan negara lain telah mendesak warganya yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dosis ketiga.

Kepala Petugas Ilmiah Pfizer Dr Mikael Dolsten mengimbau masyarakat untuk segera mendapatkan dosis ketiga secepatnya. Ia menyebut, kabar ini sangat menyenangkan dan positif.

"Kita dapat meningkatkan kekebalan melalui booster untuk melindungi dari infeksi, penyakit simtomatik, dan penyakit parah mulai sekarang di musim dingin," kata Dolsten, dikutip AP, Kamis (9/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement