Senin 06 Dec 2021 14:30 WIB

Sepedaan di Kulonprogo, Kulinerannya di Geblek Pari

Geblek Pari menjadi salah satu lokasi favorit pesepeda untuk kulineran di Kulonprogo.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan Geblek yang menjadi nama Geblek Pari di kawasan Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (2/12). Kawasan Nanggulan menjadi idola wisata baru atau alternatif di Kulon Progo. Dimulai dengan viralnya wisata kuliner Geblek Pari, konsep warung tradisional dengan pemandangan hamparan persawahan perbukitan Menoreh.
Foto:

Hangat seduhan kopi ditambah pemandangan hamparan sawah dari Kulonprogo memang menjadi kenikmatan yang tidak bisa dilewati pelancong. Ditemani geblek sebagai camilan, lengkap rasanya melepas lelah usai nikmati keindahan alam Kulonprogo.

Selain kopi, legen banyak dicari pelancong saat mengunjungi destinasi-destinasi wisata alam di Menoreh sebagai oleh-oleh. Legen merupakan minuman yang berasal dari nira kelapa yang biasanya diambil dari getah batang muda bunga kelapa.

photo
Pengunjung beristirahat di Geblek Pari di kawasan Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (2/12). Kawasan Nanggulan menjadi idola wisata baru atau alternatif di Kulon Progo. Dimulai dengan viralnya wisata kuliner Geblek Pari, konsep warung tradisional dengan pemandangan hamparan persawahan perbukitan Menoreh. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Nuansa hangat yang dihadirkan legen membuatnya tidak cuma digemari pelancong domestik, tapi juga mancanegara. Biasanya, dijual menggunakan botol-botol air mineral 600 mililiter dengan harga yang bervariasi mulai Rp 5.000- Rp 10 ribu.

Salah satu pelaku usaha kuliner di Kedung Pedut, Mbok Sujiyem, mengungkapkan, biasanya pelancong yang datang langsung memesan terlebih dulu sebelum ke air terjun. Kemudian, mereka baru mengambil legen pesanannya ketika akan pulang.

"Banyak yang dari luar kota, banyak juga bule-bule yang pesan," ujarnya.

Sujiyem biasanya menyajikan singkong rebus bagi pelancong yang baru menikmati wisata air terjun. Walaupun di warungnya ada pula makanan-makanan penyet dengan harga sangat terjangkau, legen tetap jadi oleh-oleh favorit pelancong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement