Sabtu 04 Dec 2021 05:22 WIB

Bawang Hitam Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 4 Manfaatnya

Bawang putih hitam baik untuk kesehatan otak karena sebagai anti inflamasi alami

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bawang hitam. Bawang putih hitam baik untuk kesehatan otak karena sebagai anti inflamasi alami
Foto: Istimewa
Bawang hitam. Bawang putih hitam baik untuk kesehatan otak karena sebagai anti inflamasi alami

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bawang hitam adalah bawang putih mentah yang difermentasi dengan suhu dan kelembapan yang tinggi selama beberapa minggu. Bawang hitam memiliki rasa yang lebih ringan serta tekstur yang lebih lembut dan lengket dibandingkan bawang putih biasa.

Dilansir dari health.clevelandclinic.org pada Jumat (3/12), bawang putih hitam juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan bawang putih. 

Berikut empat manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

 

Bawang putih hitam adalah anti-inflamasi alami. Jika Anda mengalami peradangan di otak, bawang putih hitam dapat membantu kesehatan otak secara keseluruhan. Menurut beberapa ilmuwan terdapat senyawa di bawang putih hitam, sehingga dapat mengurangi peradangan otak.

2. Mengandung lebih banyak antioksidan

Antioksidan adalah zat yang melindungi sel Anda dari radikal bebas. Bawang putih hitam mengandung antioksidan dua hingga tiga kali lebih banyak daripada bawang putih mentah sebagai hasil dari proses fermentasi.  Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih hitam memiliki sifat anti-kanker dan dapat melindungi hati Anda dari kerusakan.

3. Membantu Mengatur Gula Darah

Memiliki gula darah tinggi (hiperglikemia) dapat menyebabkan komplikasi parah seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan kerusakan saraf sedangkan memiliki gula darah rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan kejang, pingsan dan kematian.

Kadar gula darah yang tidak teratur dapat menyebabkan atau menyebabkan komplikasi lebih lanjut dengan diabetes, tetapi penelitian menunjukkan bawang putih hitam membantu mengatur kadar gula darah.  Beberapa bawang putih hitam memiliki probiotik yang membantu mencegah perkembangan diabetes gestasional.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bawang putih hitam dapat mengurangi kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL di tubuh Anda. Akibatnya, ini dapat mengurangi peradangan di jantung dan arteri Anda sekaligus meningkatkan aliran darah.  Secara keseluruhan, ini akan membantu meningkatkan profil lipid Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement