Kamis 02 Dec 2021 13:59 WIB

Menunggu Formula Terbaru Vaksin Pfizer dan Moderna

Pfizer dan Moderna kembangkan vaksin untuk lawan varian baru SARS-CoV-2.

Pfizer dan Moderna kembangkan vaksin untuk lawan varian baru SARS-CoV-2.
Foto:

Pada awal 2021 lalu, ketika beberapa varian baru SARS-CoV-2 muncul, pembuat vaksin langsung bertindak mengumumkan pengembangan formulasi mRNA baru. Baik Pfizer maupun Moderna mengungkapkan perkembangan pesat vaksin yang dirancang khusus untuk menargetkan varian Alpha, Beta, dan Delta.

Pada Agustus, vaksin mRNA sudah secara spesifik memulai uji coba pada manusia. Tetapi seiring berjalannya waktu, dan data dunia yang sudah terakumulasi, menjadi jelas bahwa sementara varian Delta jauh lebih menular daripada virus sebelumnya. 

Terlepas dari keberhasilan klinis dari vaksin spesifik varian yang dikembangkan sampai sejauh ini, waktu enam bulan terakhir saat ini dinilai waktu yang sempurna bagi pembuat obat Covid-19 untuk menyempurnakan tanggapannya terhadap varian SARS-CoV-2 yang baru muncul. Dalam banyak hal, dunia masih beruntung bahwa sejauh ini virus SARS-CoV-2 tidak bermutasi menjadi bentuk yang menghindari kekebalan meski berasal dari vaksin atau infeksi alami.

Selama beberapa waktu ke depan, para ilmuwan akan mempelajari seberapa baik vaksin yang ada saat ini untuk dapat menangani varian Omicron yang baru. Apbila varian baru ini terbukti mampu melewati perlindungan kekebalan, maka para ilmuwan siap untuk membuat vaksin baru yang ditargetkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement