Selasa 30 Nov 2021 15:24 WIB

Merriam-Webster Tetapkan 'Vaksin' Kata Terpopuler 2021

Pencarian untuk "vaksin" di Merriam-Webster meningkat 601 persen dibandingkan 2020.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Merriam-Webster
Foto:

 Kata vaksin tidak muncul hanya karena pandemi

Kata "vaksin" tidak lahir dalam sehari atau karena satu pandemi. Sokolowski menjelaskan, penggunaan pertama yang diketahui membentang kembali ke 1882. Namun, referensi muncul sebelumnya terkait dengan cairan dari pustula cacar sapi yang digunakan dalam inokulasi.

Menurut Merriam-Webster, "vaksin" dipinjam dari bahasa Latin Baru "vaccina" yang kembali ke "vaccinus" feminin Latin, yang berarti "dari sapi". Bahasa Latin untuk sapi adalah "vacca" kata yang mungkin mirip dengan bahasa Sansekerta "vasa".

Awal tahun ini, Merriam-Webster menambahkan entri daring untuk "vaksin" untuk mencakup semua pembicaraan tentang vaksin mRNA atau vaksin utusan seperti untuk Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna. Sementara perusahaan kamus lain memilih kata-kata tahun ini oleh komite, Merriam-Webste/ mendasarkan pemilihannya pada data pencarian. Perusahaan telah mendeklarasikan kata tahun ini sejak 2008.

Selain vaksin

Selain kata vaccine atau vaksin, ada beberapa kata yang juga populer. 

Pemberontakan atau insurrection yang merujuk pada kepentingan didorong oleh pengepungan 6 Januari yang mematikan di US Capitol. Pencarian untuk kata tersebut meningkat sebesar 61.000 persen.

Infrastruktur atau infrastructure merujuk pada Presiden AS Joe Biden Rancangan Undang-Undang infrastruktur bipartisan ditandatangani menjadi undang-undang. "Banyak yang bertanya, apa itu infrastruktur kalau bukan dari baja atau beton? Infrastruktur dalam bahasa latin berarti di bawah struktur," ujar Sokolowski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement