Selasa 30 Nov 2021 15:24 WIB

Merriam-Webster Tetapkan 'Vaksin' Kata Terpopuler 2021

Pencarian untuk "vaksin" di Merriam-Webster meningkat 601 persen dibandingkan 2020.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Merriam-Webster
Foto:

 

Perseverance untuk nama penjelajah Mars terbaru milik Badan Antariksa Amerika (NASA). Pesawat itu mendarat 18 Februari 2021. Nama itu dipikirkan oleh seorang siswa kelas tujuh berusia 14 tahun di Sekolah Menengah Lake Braddock di Burke, Virginia, bernama Alexander Mather. Dia berpartisipasi dalam kontes esai yang diselenggarakan oleh NASA. Dia adalah salah satu dari 28.000 siswa K-12 yang mengirimkan usulan nama untuk pesawat NASA.

Pengembara atau nomad yang menarik perhatian dengan momen perilisan film Nomadland karya Chloe Zhao pada 2020. Film tersebut kemudian memenangkan tiga Oscar pada April 2021, termasuk film terbaik, sutradara, dan aktris yang diperankan Frances McDormand. Zhao pun menjadi wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan sutradara terbaik.

Kata lain dalam 10 Teratas Merriam-Webster adalah Cicada (kami mengalami invasi), guardian (orang Indian Cleveland menjadi Penjaga Cleveland), meta (nama baru yang tinggi dari perusahaan induk Facebook), cisgender (identitas gender yang sesuai dengan jenis kelamin seseorang ditugaskan saat lahir), woke (ditugaskan dengan politik dan kebenaran politik), dan murraya (pohon tropis dan kata yang memenangkan Scripps National Spelling Bee 2021). 

 

Vax terpopuler versi kamus Oxford

Sementara itu, Oxford English Dictionary telah memilih  "vax" sebagai kata tahun ini. Vax secara cepat menjadi istilah yang sangat mencolok. 

Menurut Oxford, vax adalah kata yang langka di korpus mereka hingga tahun 2021. Namun pada September, kata itu 72 kali lebih banyak digunakan dibanding tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement