Selasa 30 Nov 2021 13:57 WIB

Apa yang Kita Ketahui dan tidak Terkait Varian Omicron

Hingga kini, para ilmuwan masih meneliti varian baru Omicron.

Hingga kini, para ilmuwan masih meneliti varian baru Omicron.
Foto:

Peter Openshaw, seorang profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London mengatakan, sangat tidak mungkin bahwa vaksin yang ada saat ini tidak akan berfungsi. Ia mencatat bahwa vaksin Covid-19 yang ada saat ini efektif terhadap banyak varian lainnya.

Meskipun beberapa perubahan genetik pada Omicron tampak mengkhawatirkan, tetapi masih belum pasti akan menimbulkan ancaman kesehatan bagi masyarakat. Beberapa varian sebelumnya, seperti varian Beta, awalnya membuat khawatir para ilmuwan, tetapi tak menyebar terlalu jauh.

Hingga saat ini, Delta masih menjadi varian Covid-19 yang paling dominan. Ini terhitung lebih dari 99 persen dari urutan yang dikirimkan ke database publik terbesar di dunia.

Virus corona bermutasi saat menyebar dan banyak varian baru, termasuk yang memiliki perubahan genetik yang mengkhawatirkan, seringkali mati begitu saja. Para ilmuwan mrmantau urutan mutasi Covid-19 yang dapat membuat penyakit yang lebih menular atau mematikan. Tetapi mereka tidak dapat menentukannya hanya dengan melihat virusnya.

Baca juga : Pakar Italia Rilis Gambar Pertama Penampakan Varian Omicron

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement