Ahad 28 Nov 2021 08:26 WIB

7 Cara Sederhana Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

Sistem pencernaan yang tidak sehat bisa membuat pikiran dan tubuh Anda lelah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
7 Cara Sederhana Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat
Foto: Republika.co.id
7 Cara Sederhana Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem pencernaan yang tidak sehat bisa membuat pikiran dan tubuh Anda lelah. Untuk menyingkirkan masalah ini atau menghentikannya terjadi, Anda harus memastikan pencernaan Anda baik.

Makan-makanan sehat dan setelah interval yang memadai adalah salah satu cara untuk memastikannya. Namun, ada beberapa tips lain yang disarankan para ahli kesehatan untuk menjaga usus tetap sehat. Perubahan gaya hidup sederhana bisa sangat membantu dalam mencapainya.

Baca Juga

Berikut tujuh cara agar sistem pencernaan tetap sehat, dilansir NDTV, Ahad (28/11).

1. Cukup Minum Air Putih 

Minum banyak air akan membuat Anda terhidrasi sepanjang hari dan juga menjaga lingkungan usus Anda tetap sehat. Tubuh menggunakan air untuk mendorong limbah pencernaan keluar dari sistem. Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk mencegah kembung dan sembelit. Sebaiknya minum air hangat atau suhu kamar daripada air dingin.

2. Probiotik

Probiotik membawa bakteri dan ragi sehat yang dapat meremajakan sistem pencernaan.  Probiotik seperti yoghurt baik untuk kesehatan usus. Begitu juga makan cokelat hitam bisa jadi sumber probiotik yang baik jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

3. Makanan Kaya Serat

Banyak ahli kesehatan merekomendasikan makanan kaya serat, seperti kacang-kacangan dan buah-buahan karena serat makanan memastikan saluran pencernaan bekerja dengan baik. Serat juga membantu melancarkan buang air besar.

photo
Infografis Tren Makan Sehat 2021 - (republika.co.id)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement