Kamis 25 Nov 2021 15:18 WIB

Kiat Menjaga Bayi dan Anak dari Iritasi Kulit

Kenali hal-hal yang membuat kulit bayi dan anak rentan iritasi.

Merawat bayi. Kulit bayi dan anak perlu dijaga dari iritasi.
Foto:

Khusus untuk iritasi ruam popok, Nova mengatakan, orang tua dapat mengganti popok si kecil jika terlihat basah atau lembap. Setelah itu, bersihkan kulit bayi dengan tisu basah khusus bayi dan anak yang tanpa pewangi dan alkohol.

Hal lainnya yang perlu dipahami orang tua adalah memastikan ukuran popok yang digunakan sesuai dengan tubuh buah hati. Jangan sampai salah ukuran.

"Kalau bayinya prematur, jika orang tua menggunakan popok untuk newborn, maka akan semakin besar karena bisa menutupi tubuhnya. Sesuaikan dengan berat dan ukurannya agar tidak menyebabkan lecet pada kulit," kata Nova.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menjaga kelembapan kulit. Baik anak-anak maupun orang dewasa perlu memakai pelembap kulit. Menurut Nova, kulit kering bisa menyebabkan iritasi.

"Perlindungan untuk anak-anak dan bayi penting karena kulit ini adalah barrier atau pelindung pertama kita dari hal-hal luar. Kalau kulit tidak diproteksi, anak-anak bisa berisiko akan terinfeksi secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement