Rabu 24 Nov 2021 00:10 WIB

Merokok, Penyebab Utama Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru kronis menjadi penyebab kematian nomor tiga terbanyak di dunia.

Penyakit paru kronis menjadi penyebab kematian nomor tiga terbanyak di dunia.
Foto:

 

Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan penyebab utama PPOK adalah merokok sangat penting disosialisasikan ke masyarakat. “Implikasi kesehatan, implikasi investasi manusia itu jadi terhambat dengan adanya paparan rokok pada anak-anak yang berusia 10 sampai 18 tahun yang menjadi ‘PR’ kita semua bersama,” ucap Dante.

Hari PPOK diselenggarakan setiap tahunnya tanggal 17 November dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan masyarakat awam terhadap PPOK. Hari PPOK Tahun 2021 mangangkat tema ‘Health Lungs: Ever More Important’. Subtema untuk Indonesia yaitu ‘Tiada Yang Lebih Penting Daripada Sehat Untuk Indonesia Hebat’.

Hari PPOK merupakan momentum untuk mengingatkan bahwa menjaga kesehatan paru-paru menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia sampai di usia tua. Pada masa pandemi COVID-19, virus Sars-CoV-2 akan menyerang sistem pernapasan dan ini membuat para penderita PPOK lebih rentan mengalami penyakit paru-paru kronis.

Melihat kondisi tersebut, maka dipandang perlu untuk memberikan kewaspadaan secara persuasif kepada masyarakat. Faktor yang penting dari pencegahan PPOK adalah mengurangi paparan dari asap rokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement