Rabu 24 Nov 2021 06:30 WIB

Asam Lambung Kumat, Pemicunya Bukan Cuma Makanan

Penyakit asam lambung harus dilacak pemicunya.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Reiny Dwinanda
Menghindari asam lambung naik dengan menjaga pola makan. Ada beberapa faktor selain makanan yang mencetuskan kambuhnya penyakit asam lambung.
Foto:

Fungsi asam lambung

Dosen Biokimia Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, dr Ahmad Hamim Sadewa, menuturkan bahwa setiap orang memang harus menjaga keseimbangan asam lambung yang ada dalam tubuhnya.

photo
Infografis Pola Makan Penderita GERD - (republika.co.id)

Sebab, asam lambung ternyata diperlukan. Tanpa itu, proses pencernaan tidak bisa dimulai. Asam lambung juga membunuh bakteri patogen yang masuk ke lambung.

Selain itu, kehadiran asam lambung membuat berbagai jenis makanan dalam bentuk besar menjadi kecil. Meski begitu, Hamim mengatakan, asam lambung yang diproduksi berlebih akan naik ke kerongkongan (refluks asam lambung).

Hamim menjelaskan, sekresi asam lambung yang berlebihan dapat disebabkan stres dan pola makan yang tidak teratur. Sedangkan, dari sisi anatomi lantaran dinding lambung yang sudah mengalami kerusakan.

"Perlu diketahui itu akibat tingkat stres atau pola makan yang kurang baik atau kelainan struktur, yang ini bisa dilihat secara radiologi," kata Hamim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement