Senin 22 Nov 2021 11:07 WIB

Dua Tanda Diabetes: Sering Kencing-Infeksi Saluran Kemih

Sering kencing dan infeksi saluran kemih dapat menjadi pertanda diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria memasuki toilet (ilustrasi). Peningkatan frekuensi kencing dan infeksi kandung kemih dapat menjadi pertanda diabetes.
Foto:

Pada pasien diabetes tipe 1, kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat memicu terjadinya ketoasidosis. Ini adalah kondisi di mana keton yang merupakan asam beracun, menumpuk di dalam darah.

"Ketoasidosis merupakan kondisi darurat yang bisa memicu terjadinya koma atau kematian," ungkap Diabetes UK.

Selain karena asupan gula atau makan berlebih, hiperglikemia pada penyandang diabetes juga bisa dipicu oleh beberapa hal lain. Sebagian di antaranya adalah stres, sakit, atau tidak berolahraga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan memperbaiki hiperglikemia. Pengidap diabetes dapat memperbaiki pola makan, memperbanyak minum minuman bebas gula, berolahraga lebih sering, dan mengonsumsi obat atau menggunakan insulin dengan dosis yang tepat.

Diabetes i juga tetap perlu mewaspadai gejala-gejala yang mereka rasakan bila kadar gula darah belum kembali normal. Gejala-gejala tersebut bisa saja merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

"Sampai kadar gula darah Anda kembali terkontrol, pantau gejala-gejala tambahan yang mungkin bisa jadi sebuah tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius," ungkap National Health Service.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement