Senin 22 Nov 2021 11:07 WIB

Dua Tanda Diabetes: Sering Kencing-Infeksi Saluran Kemih

Sering kencing dan infeksi saluran kemih dapat menjadi pertanda diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria memasuki toilet (ilustrasi). Peningkatan frekuensi kencing dan infeksi kandung kemih dapat menjadi pertanda diabetes.
Foto:

Pada sebagian pengidap diabetes yang mengalami hiperglikemia, mereka juga bisa merasakan perasaan tidak enak badan. Terkadang, hiperglikemia pun dapat memengaruhi bau mulut di mana aromanya menjadi seperti buah-bahan.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Pada orang yang bukan pengidap diabetes, kondisi hiperglikemia bisa jadi merupakan petunjuk bahwa mereka sebenarnya mengidap diabetes namun belum terdiagnosis. Oleh karena itu, siapa pun yang kerap mengalami masalah hiperglikemia sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Pada pasien diabetes, penting untuk menjalani pengobatan dengan tertib agar gula darah mereka terkontrol. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat diabetes atau menggunakan insulin. Mengecek kadar gula darah secara berkala juga penting untuk dilakukan agar kadar gula darah selalu terpantau.

Saat ini, penyandang diabetes juga sudah bisa menggunakan flash glucose monitor untuk memantau kadar gula darah mereka sepanjang waktu. Alat pemantau glukosa darah itu merupakan sebuah sensor yang digunakan dengan cara ditempelkan pada kulit. Dengan begitu, penyandang diabetes tidak perlu menusuk jari mereka dengan jarum untuk mengecek kadar gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement