Jumat 19 Nov 2021 14:03 WIB

Ahli Jelaskan Penyebab Air Susu Ibu Berwarna Merah Muda

Warna air susu ibu dapat berubah-ubah, namun warna merah muda perlu diwaspadai.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Saat ibu bekerja, anak bisa minum ASI (air susu ibu) perah (ilustrasi).
Foto:

ASI juga bisa terlihat seperti berwarna hijau, merah muda, atau merah. Terkadang, bahkan ada sedikit darah yang masuk ke dalam ASI sehingga memberikan warna cokelat, tergantung asupan atau apakah ada infeksi yang diderita.

Akan tetapi, bagaimana kalau warnanya merah muda? Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, ASI dapat berubah menjadi merah muda karena adanya kolonisasi Serratia marcescens, bakteri yang terkait dengan beberapa penyakit dan bahkan mematikan.

Menurut dr Ritu Sethi selaku konsultan senior ginekologi di Cloud Nine Hospital, kondisi yang menunjukan adanya darah dalam ASI perlu diperiksa sedini mungkin. Hal itu bisa dikarenakan infeksi di payudara, namun ibu mungkin sebelumnya tidak menyadari ada darah yang keluar.

"Penyebab lain, ada kanker saluran susu," kata dr Sethi.

Jika salah satu dari kondisi tersebut muncul sebelum kehamilan atau selama kehamilan, itu dapat menyebabkan darah keluar dari payudara saat pasien menyusui. Jadi apakah aman untuk memberi ASI pada anak?

Itu tergantung pada patologi yang mendasari dan diperlukan diagnosis tepat waktu. Jadi, segera cari bantuan medias jika mengalami masalah yang dianggap mengkhawatirkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement