Selasa 16 Nov 2021 11:32 WIB

Tips Masak Nasi Goreng Agar tidak Lengket di Penggorengan

Nasi kerap menempel di wajan saat dimasak menjadi nasi goreng.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi goreng. Memasak nasi goreng menjadi sulit ketika nasinya menempel di penggorengan.
Foto:

Sementara itu, dalam keterangannya terdahulu, dokter spesialis gizi klinis Cindiawaty J Pudjiadi berbagi trik agar saat memasak nasi goreng dapat memberikan nutrisi lengkap. Selain karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, dapat ditambahkan protein dan sayur supaya nasi goreng tersebut lengkap gizinya.

Cindiawaty menjelaskan bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk otak dan sel darah merah. Sementara itu, penting juga menambahkan protein ke dalam nasi goreng, bisa berupa telur, ayam, dan ikan.

"Sumber protein nabati dan serat juga boleh serta sayur apa saja, seperti wortel, buncis, sawi hijau, selada air. Semuanya enak sekali,” kata Cindi dalam acara Peluncuran Sasa Nasi Goreng Matah dan Rekor MURI.

Jadi, dalam sekali masak, kita bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk pemakaian minyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi yang sedang program penurunan berat badan, minyaknya bisa dikurangi.

Porsi nasi goreng juga bisa disesuaikan. Contohnya, saat karbohidrat perlu dikurangi, maka protein dan sayurnya bisa lebih banyak. Untuk penderita diabetes, bisa memilih nasi merah, shirataki atau campuran.

Baca juga : Awas, Obesitas Jadi Penyebab Diabetes

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement