Selasa 16 Nov 2021 07:15 WIB

2 Minuman Sehat yang Perlu Dihindari Pengidap Hipertensi

Minuman yang tampaknya sehat ada juga yang berbahaya untuk pengidap hipertensi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Hipertensi (ilustrasi). Pengidap hipertensi harus menjauhi minuman yang tampaknya sehat, namun bisa membuat metabolismenya terganggu.
Foto:

Meskipun mungkin tidak selalu, sekitar satu dari 20 kasus tekanan darah tinggi terjadi sebagai akibat dari kondisi kesehatan yang mendasarinya atau akibat minum obat tertentu. Orang dewasa sehat berusia di atas 40 tahun harus memeriksakan tekanan darah mereka setidaknya sekali setiap lima tahun. Mereka yang  berisiko tinggi terkena hipertensi harus memeriksakan kondisi lebih sering.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

"Memiliki pembacaan tekanan darah yang meningkat dalam satu tes tidak selalu berarti Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah bisa berfluktuasi sepanjang hari. Merasa cemas atau stres saat Anda mengunjungi dokter umum juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda," ungkap NHS.

Sebagai panduan umum, tekanan darah tinggi dianggap 140/90mmHg atau lebih tinggi atau 150/90mmHg atau lebih tinggi jika berusia di atas 80 tahun. Ttekanan darah ideal biasanya dianggap antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg.

Tekanan darah dicatat dengan dua angka. Tekanan sistolik adalah angka yang lebih tinggi dan merupakan kekuatan di mana jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan diastolik, angka yang lebih rendah, adalah resistensi terhadap aliran darah

Mayo Clinic mengatakan, pengukuran tekanan darah yang lebih tinggi dari 180/120 mm Hg adalah situasi darurat yang memerlukan perawatan medis segera. Tekanan darah tinggi jarang memiliki gejala, tetapi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Situs kesehatan tersebut juga menjelaskan bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk membuat perubahan gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, konsumsi makanan sehat dan berolahraga lebih banyak. Ini adalah cara utama untuk melindungi diri dari tekanan darah tinggi dan komplikasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement