Selasa 16 Nov 2021 01:25 WIB

Kasus Sifilis Melonjak di Amerika Serikat, Apa Bahayanya?

Sifilis merupakan penyakit menular seksual.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bakteri sifilis bisa menyebabkan infeksi otak. Kasus sifilis masih meningkat di Amerika Serikat.
Foto:

Pencegahan

Satu-satunya cara untuk mencegah penyakit menular seksual seperti sifilis adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual lewat vagina, anal, atau oral. Bagi individu yang aktif secara seksual, cara terbaik untuk menekan risiko sifilis adalah melakukan hubungan seksual dengan satu orang pasangan saja dalam jangka panjang, seperti dengan istri atau suami, yang terbukti tidak mengidap sifilis.

Apakah pemakaian kondom bisa menjadi solusi? Menurut CDC, penggunaan kondom memang dapat meminimalisasi kontak dengan luka atau koreng sifilis dari pasangan, namun luka atau koreng sifilis juga bisa berada di area yang tak tertutupi oleh kondom.

Bila terkena

Orang-orang dengan gejala yang dicurigai sifilis perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Bila terbukti mengalami sifilis, segera jalani pengobatan dengan tertib dan menyeluruh.

Hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan sampai luka atau koreng sifilis benar-benar sembuh. Penderita sifilis juga harus memberi tahu pasangan mengenai penyakit yang diderita sehingga pasangan juga bisa menjalani pemeriksaan dan pengobatan bila tertular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement