Jumat 12 Nov 2021 19:29 WIB

Ayah tak Dekat dengan Anak, Apa Kerugiannya?

Kedekatan antara ayah dan anak harus dibangun sejak dini.

Ilustrasi ayah dan anak bayinya. Kedekatan ayah dan anak harus dibangun sedini mungkin.
Foto:

Menjalin ikatan hati dengan anak

Kasandra juga mengatakan bahwa untuk melakukan bonding dengan anak, ayah dan ibu harus mengenali karakter buah hatinya. Karakter anak akan terungkap dengan sering mengajaknya berdiskusi.

"Lalu, lakukan aktivitas atau hobi bersama-sama, misalnya olahraga, kuliner, dan sesekali juga berikan hadiah atau kejutan untuk anak," jelas Kasandra.

Lebih lanjut, Rosdiana mengatakan, pola komunikasi yang sesuai dengan karakter anak juga perlu dilakukan untuk membangun kedekatan. Agar dapat berkomunikasi dengan nyaman, sesuaikan caranya dengan karakter anak.

"Ketahui cara dan waktu yang tepat untuk ngomong, lalu pilihan kata-kata apa yang bisa digunakan untuk anak," kata Rosdiana.

Rosdiana juga mengingatkan agar orang tua dapat melakukan pola asuh yang sesuai dengan usia. Dengan demikian, anak pun akan merasa dihargai oleh orang tuanya.

"Misalnya kapan kita melatih kemandirian, kapan melatih untuk melakukan pilihan. Nah, gimana supaya anak itu dekat, ya sebetulnya kita memberikan kesempatan dia untuk melakukan tugas perkembangannya itu," papar Rosdiana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement