Kamis 11 Nov 2021 05:55 WIB

8 Manfaat Konsumsi Multivitamin yang Tepat

Memilih multivitamin yang tepat bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Memilih multivitamin yang tepat bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan.
Foto:

Menyehatkan Tulang dan Otot

Multivitamin yang mengandung vitamin D, kalsium, atua magnesium dapat menunjang kesehatan tulang dan fungsi otot. Vitamin D misalnya, dapat membantu tubuh mengoptimalkan penyerapan dan menjaga keseimbangan kalsium di dalam tubuh.

Kalsum tak hanya dibutuhkan untuk membangun tulang, tetapi juga merupakan molekul pengatur dan pemberi sinyal di dalam jaringan toto. Magnesium berkaitan dengan kekuatan tulang dan dibutuhkan untuk relaksasi otot setelah kontraksi.

 

Merawat Kecantikan

Kulit merupakan indikator sensitif dari defisiensi zat gizi. Cara terbaik untuk memperbaiki kondisi kulit adalah dengan memberikan asupan nutrisi esensial, misalnya melalui konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, biotin, silica, zinc, dan tembaga.

Untuk rambut, selain dibutuhkan asupan protein yang tinggi dari makanan, beberapa antioksidan juga dapat menunjang kesehatan rambut. Biotin dan silica merupakan dua nutrisi yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Hal yang sama juga berlaku untuk kuku. Tampilan kuku bisa mengalami perubahan bila tubuh mengalami kekurangan mikronutrien.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin K kerap dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang memelihara kesehatan kardiovaskular. Alasannya, vitamin K turut berperan dalam fungsi pembuluh darah dan gumpalan darah.

Beberapa vitamin lain turut berperan dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Sebagian contohnya adalah vitamin-vitamin B dan mineral seperti kalsium, kalium, serta magnesium. Fitonutrien seperti lutein, zeaxanthin, dan likopen juga memiliki kemampuan untuk menunjang kesehatan jantung menurut bukti klinis.

Untuk menjaga kesehatan jantung, ada baiknya memilih multivitamin yang tak hanya menyediakan variasi vitamin K, tetapi juga memuat fitonutrien. Hal ini dapat menjadi "asuransi" nutrisi yang ramah bagi jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement