Selasa 09 Nov 2021 19:10 WIB

Jaga Kadar Kolesterol, Makanan Apa yang Harus Dihindari?

Kenali makanan yang harus diasup dan dihindari untuk menjaga kadar kolesterol.

Rep: Santi Sopia, Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Keluarga makan bersama. Perhatikan menu makan yang dihidangkan untuk keluarga. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.
Foto: Prayogi/Republika
Keluarga makan bersama. Perhatikan menu makan yang dihidangkan untuk keluarga. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zat seperti lemak yang ditemukan dalam darah dikenal sebagai kolesterol. Para ahli merekomendasikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan seimbang.

Hal itu untuk mengelola kadar kolesterol secara efisien. Selain itu, penting untuk menghindari risiko komplikasi kesehatan seperti strok, penyakit kardiovaskular, dan lainnya.

Baca Juga

Tubuh manusia dapat mensintesis kolesterol secara alami. Namun, pola makan bisa menjadi sumber utama kolesterol, sehingga penting untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Berikut daftar makanan yang perlu dikonsumsi maupun harus dihindari bagi penderita kolesterol.

Makanan untuk pengelolaan kolesterol yang sehat

 

1. Oat

Oat telah menjadi salah satu pilihan sarapan favorit banyak orang. Kandungan serat larut yang kaya membuatnya aman untuk kolesterol. Namun, pastikan untuk menghindari gandum olahan karena dapat memiliki efek buruk pada kadar kolesterol, dikutip dari laman Times Now News, Selasa (9/11).

2. Kacang-kacangan

Berbagai kacang-kacangan seperti almond, walnut, pecan, kerap menjadi bagian dari diet di seluruh dunia. Sering disalahartikan sebagai makanan yang tidak sehat karena kandungan lemaknya, pengidap masalah kolesterol justru cenderung menjauhi kacang-kacangan. Padahal, ini sumber lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan HDL, juga dikenal sebagai kolesterol "baik" dan menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat".

3. Okra

Makanan hijau kaya serat ini merupakan sumber antioksidan. Selain membantu pencernaan, okra juga ramah kolesterol dan harus ditambahkan ke dalam makanan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement