Selasa 02 Nov 2021 06:13 WIB

4 Sarapan Lezat untuk Kontrol Kadar Gula Darah Diabetisi

Pemilihan makanan yang tepat bantu diabetesi mengontrol gula darah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Pemilihan makanan yang tepat bantu diabetesi mengontrol gula darah.
Foto: Essential Health Info
Pemilihan makanan yang tepat bantu diabetesi mengontrol gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes merupakan penyakit seumur hidup yang akan mempengaruhi kadar gula darah penderitanya. Pemilihan makanan yang tepat dapat membantu penyandang diabetes atau diabetisi untuk mengontrol kadar gula darah mereka.

Kadar gula darah yang tinggi pada diabetisi disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah glukosa menjadi energi. Komplikasi yang serius bisa terjadi bila kadar gula darah tidak terkontrol.

Baca Juga

Jenis diabetes yang paling banyak adalah diabetes tipe 2 yang berkaitan dengan pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari. Beberapa gejala yang bisa dialami penyandang diabetes tipe 2 adalah berkemih lebih sering, terutama di malam hari, merasa haus sepanjang hari, merasa sangat lelah, dan mengalami penurunan berat badan tanpa alasan.

Selain itu, penyandang diabetes tipe 2 bisa mengalami keluhan gatal di area kemaluan atau sariawan. Luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan pandangan mata yang kabur juga merupakan gejala yang dapat dialami penyandang diabetes tipe 2.

Bagi penyandang diabetes tipe 2, perubahan kecil seperti pilihan makanan yang tepat saat sarapan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Berikut ini adalah empat menu sarapan yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah penyandang diabetes tipe 2, seperti dilansir Daily Record, Senin (1/11).

 

Pengganti Sereal

Sereal dan susu merupakan menu sarapan yang sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Akan tetapi, diabetisi perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi sereal, meski sereal tersebut tampak sehat. Alasannya, ada banyak sereal yang memiliki kandungan gula tinggi.

Sereal yang tampak sehat seperti granola pun sering kali dilengkapi dengan gula tambahan yang cukup banyak. Oleh karena itu, perhatikan label gizi pada kemasan sereal sebelum membeli.

Ada beberapa alternatif sereal yang juga bisa menjadi pilihan lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah muesli tanpa gula tambahan atau biskuit gandum.

 

Bubur Oat

Bubur yang terbuat dari oat memiliki indeks glikemik yang rendah. Menurut Diabetes UK, makanan dengan indeks glikemik yang rendah dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini membuat bubur oat dapat menjadi pilihan baik untuk penyandang diabetes tipe 2.

Serat yang banyak di dalam oat pun dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini lah yang membuat oat juga menjadi opsi ideal bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Namun seperti halnya sereal kemasan, beberapa produk oat bisa mengandung gula yang cukup banyak. Pastikan memilih varian oat yang tawar atau plain, karena varian oat berperisa sering kali disertai dengan kandungan gula yang besar.

 

Telur

Selain kaya protein, telur juga memiliki kandungan lemak yang sedang dan karbohidrat yang rendah. Tak heran bila telur dapat menjadi teman sarapan yang baik bagi diabetisi.

Selain bergizi, telur sangat mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Hal ini membuat telur dijuluki sebagai pilihan sarapan yang versatile. Menurut studi pada The British Medical Journal, pola makan tinggi protein dapat membantu memperbaiki profil kadar gula darah bagi penyandang diabetes tipe 2.

 

Roti Panggang

Seperti halnya sereal, roti panggang juga bisa dibuat dengan mudah. Yang perlu diperhatikan hanyalah pemilihan jenis roti yang digunakan. Bagi diabetisi, gunakan jenis roti gandum bila ingin menyantap roti panggang sebagai menu sarapan.

Hindari pula isian berupa selai manis bila ingin membuat roti panggang. Pilih opsi isian roti yang gurih seperti alpukat, marmit, atau selai kacang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement