Jumat 29 Oct 2021 00:35 WIB

Jarang Diketahui, 6 Makanan & Minuman Ini Mengandung Kafein

Makanan dan minuman ini mengandung kafein dalam jumlah ringan hingga sedang.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Makanan dan minuman ini mengandung kafein dalam jumlah ringan hingga sedang.
Foto:

4. Air kemasan

Air kemasan yang sering kali diklaim jernih dan murni kemungkinan juga menyembunyikan sejumlah kecil kafein. Amselem mencatat bahwa beberapa perusahaan benar-benar menambahkan stimulan ke air kemasan yang diproduksi. Jika mencoba menghindari kafein, pastikan untuk membaca label dengan cermat dan pertimbangkan fakta sebagai alasan lain untuk menghindari air kemasan yang menghasilkan sampah plastik.

5. Soda 

Banyak orang boleh jadi sudah mengerti bahwa minuman cola tentu berkafein. Tetapi, rupanya itu bukan satu-satunya soda yang mengandung stimulan. Sekaleng cola mengandung 29 miligram, soda non-cola lainnya mengandung kafein yang sama banyaknya.

6. Kopi Decaf

Meskipun namanya menyiratkan sebaliknya, tetapi kafein tetap bisa ditemukan dalam minuman kopi berlabel tanpa kafein. Decaf memiliki rasa dan tampilan yang mirip dengan kopi biasa, tetapi mengandung sangat sedikit kafein.

Pada tahun 2007, Consumer Reports menguji 36 cangkir kopi tanpa kafein dari enam kedai kopi, termasuk Starbucks dan Dunkin' Donuts. Dibandingkan dengan kafein yang ditemukan dalam cangkir kopi biasa, umumnya sekitar 100 miligram, sampel tanpa kafein memiliki lebih sedikit kafein tetapi beberapa dikemas dalam lebih dari 20 miligram. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement