Kamis 21 Oct 2021 21:16 WIB

Gejala Multiple Myeloma, Kanker yang Diidap Colin Powell

Sulit mengenali gejala multiple myeloma sejak dini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Colin Powell, meninggal pada usia 84 tahun karena komplikasi Covid-19 dan multiple myeloma, Senin (18/10).
Foto:

The Mayo Clinic mengatakan, mual, sembelit, kehilangan nafsu makan, mental fogginess, penurunan berat badan, rasa haus yang berlebihan, dan kelemahan atau mati rasa di kaki juga merupakan tanda multiple myeloma. Mayo Clinic mengatakan, komplikasi multiple myeloma termasuk penurunan fungsi ginjal, masalah tulang, dan anemia.

American Cancer Society (ACS) mengatakan, sulit untuk mendiagnosis multiple myeloma sejak dini karena penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala hingga mencapai stadium lanjut atau gejala samar yang tampaknya disebabkan oleh penyakit lain. Jika tes menunjukkan adanya multiple myeloma, dokter akan menggunakan informasi dari tes diagnostik untuk menentukan stadiumnya menggunakan Revised International Staging System (RISS).

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah multiple myeloma, catatan ACS, perawatan termasuk kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sel induk belum tentu bisa mengobatinya. National Cancer Institute menunjukkan multiple myeloma menyumbang 1,8 persen dari kanker baru di AS tahun ini dan melaporkan bahwa ada 34.920 kasus baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement