Kamis 21 Oct 2021 07:30 WIB

Dokter Ungkap Penyebab Kebotakan Rambut Pria di Usia Muda

Pada pria, kini masalah kebotakan rambut mulai dialami sejak usia 30-an.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok pada pria (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok pada pria (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah rambut rontok adalah masalah umum yang tidak hanya dialami wanita, tetapi juga pria. Bahkan pada pria, ada yang mengalami kerontokan rambut besar-besaran antara usia awal 20-an atau 30-an. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Kiran, yang telah menemukan serangkaian kemungkinan alasan di balik kerontokan rambut pada pria di usia 20-an. Dalam sebuah video, dr Kiran mengatakan masalah kebotakan pada pria di usia dini telah menjadi masalah nyata belakangan ini.

"Pria sebelumnya biasa menghadapi masalah ini di usia 50-an atau 60-an, tapi sekarang semuanya telah berubah," ujarnya seperti dilansir di laman NDTV, Kamis (21/10).

Kemungkinan alasan di balik kebotakan dini pada pria adalah peningkatan gula dalam makanan. Asupan gula telah meningkat dalam diet Anda akhir-akhir ini. Selain itu, penyebab lainnya adalah peningkatan diet tinggi glikemik yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan rambut rontok.

Penyebab lainnya adalah tidak memeriksa vitamin karena beberapa kekurangan vitamin dapat menyebabkan rambut rontok. Gaya hidup yang Anda jalani juga turut memengaruhi. Begitu juga dengan bubuk protein bisa menyebabkan rambut rontok.

Di akhir video, dia menyarankan agar Anda membawa beberapa perubahan yang sehat untuk mengobati kebotakan dini. "Jika mengalami kerontokan rambut yang ekstrem, Anda perlu membawa beberapa perubahan sehat dalam hidup Anda. Jika Anda tidak melihat peningkatan, bicarakan dengan ahli tepat waktu," kata dia.

Dr Kiran mencerahkan pemirsanya tentang vitamin C dan manfaat dari antioksidan hebat. Dr Kiran mengatakan vitamin C dapat meremajakan sel-sel kulit sekaligus melindunginya dari pigmentasi. 

"Ini dapat mencegah dan mengobati kulit kusam, mengurangi pigmentasi ringan, meningkatkan elastisitas dan membantu mencegah penuaan ekstrinsik kulit," ujarnya.

Dia menyatakan itu adalah antioksidan kuat yang dikenal untuk membantu membuat kulit Anda bercahaya. Dia menyarankan orang harus memasukkan makanan kaya vitamin C ke dalam makanan dan mengonsumsi suplemen vitamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement