Selasa 12 Oct 2021 15:39 WIB

Pistachio, Kacang Terbaik untuk Dikonsumsi

Pistachio menjadi kacang terbaik untuk dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Pistachio menjadi kacang terbaik untuk dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi.
Foto: Hippopx
Pistachio menjadi kacang terbaik untuk dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang-kacangan dikenal sebagai merupakan opsi cemilan yang jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan keripik kentang atau pretzel. Selain bergizi, kacang-kacangan juga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Akan tetapi, kacang-kacangan memiliki beragam jenis yang tersedia luas di pasaran. Di antara keragaman tersebut, ada jenis kacang yang lebih sehat dibandingkan jenis lainnya. Ahli gizi dan CEO NY Nutrition Group Lisa Moskovitz RD mengatakan jenis kacang-kacangan yang menurutnya terbaik adalah pistachio.

Baca Juga

Pistachio menjadi kacang terbaik versi Moskovitz karena memiliki nilai gizi yang besar. Sebagai contoh, pistachio memiliki sembilan asam amino esensial sehingga dapat menjadi sumber protein yang lengkap.

Di samping itu, pistachio merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal bersifat anti inflamasi yang baik. Pistachio pun memiliki kandungan serat yang menyehatkan pencernaan.

"Dan (memiliki) mikronutrien esensial termasuk vitamin B, kalium, zat besi, dan magnesium," ujar Moskovitz, seperti dilansir EatThis, Selasa (12/10).

Satu porsi sajian pistachio yang ideal adalah setengah cangkir dengan kulitnya. Kacang ini bisa langsung dikonsumsi sebagai cemilan atau disantap bersamaan dengan yogurt, sereal, atau salad.

Di samping itu, pistachio juga dapat disulap menjadi sajian makanan pembuka yang menggiurkan. Salah satu contohnya adalah bola keju pistachio dan cranberi. Berikut ini adalah salah satu resep mudah untuk membuatnya.

 

Bahan Bola Keju Pistachio dan Cranberi

1 cangkir pistachio kupas, tanpa kulit

1 cangkir cranberi kering

8 ons goat cheese

8 ons cream cheese

1 sdm peterseli yang sudah dicincang

 

Cara Membuat Bola Keju Pistachio dan Cranberi

1. Tempatkan pistachio kupas ke dalam kantong plastik berklip, lalu hancurkan pistachio dengan menggunakan rolling pin.

2. Campurkan 1/4 pistachio yang sudah dihancurkan dengan 1/4 cangkir cranberi kering, goat cheese, dan cream cheese yang sudah dilembutkan ke dalam mangkuk.

3. Pindahkan campuran tersebut ke atas kertas perkamen, satukan ujung-ujung kertas perkamen ke atas sehingga campuran bahan ini terkumpul ditengah, bentuk campuran tersebut menjadi seperti bola.

4. Masukkan sisa pistachio, cranberi kering, dan peterseli cincang ke dalam mangkuk. Pindahkan campuran bahan yang sudah berbentuk bola ke dalam mangkuk tersebut. Guling-gulingkan bola hingga seluruh bagiannya terselimuti oleh potongan postachio, cranberi kering, dan perterseli cincang.

5. Pindahkan bola keju pistachio dan cranberi yang sudah jadi atas wadah piring yang besar. Sajikan bersama dengan makanan pendamping seperti crackers, pretzel, atau bagel chip. Untuk opsi yang rendah kalori, sajikan bersama sayuran bertekstur keras seperti wortel atau stik seledri.

6. Untuk menyantapnya, cocolkan makanan pendamping ke bola keju pistachio dan cranberi.

Baca juga : Kulit Kacang Tanah Bisa Jadi Obat Alternatif Asam Urat?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement