Sabtu 18 Feb 2023 18:45 WIB

Enam Superfood yang Bisa Perlambat Penuaan Dini di Usia 40 Tahun

Sejumlah makanan memiliki nutrisi untuk memperlambat penuaan.

Ikan salmon (ilustrasi). Salmon merupakan salah satu superfood yang dapat memperlambat penuaan dini.
Foto: Pixabay
Ikan salmon (ilustrasi). Salmon merupakan salah satu superfood yang dapat memperlambat penuaan dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan sebetulnya adalah hal yang normal dan alamiah. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami banyak perubahan baik secara eksternal maupun internal, terutama karena penuaan bisa menjadi faktor risiko untuk berbagai penyakit.

Untungnya, ada beberapa makanan super (superfood) yang bisa dikonsumsi secara teratur untuk membantu memperlambat proses ini. Menurut Cleveland Clinic, superfood adalah semua jenis makanan yang menyediakan banyak nutrisi berbeda dan tetap rendah kalori. Meskipun superfood jenisnya banyak, ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi untuk memperlambat proses penuaan.

Baca Juga

"Beberapa kebutuhan nutrisi kita dapat berubah seiring bertambahnya usia, jadi memasukkan beberapa superfood tertentu dalam kebiasaan makan, bisa membantu orang menjalani hidup sehat seiring bertambahnya usia," kata ahli gizi Lauren Manaker.

Para ahli gizi kemudian mengungkap beberapa superfood yang bermanfaat memperlambat penuaan, terutama bagi mereka di usia 40 tahun. Apa saja? Berikut uraiannya seperti dilansir dari Eat This Not That, Sabtu (18/2/2023).

 

Berikut superfood yang bisa perlambat penuaan dini.

1. Kacang Pistachio

Lauren mengatakan bahwa pistachio bisa membantu melawan radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi. Radikal bebas sendiri bisa menyerang sel-sel tubuh yang sehat, dan kerusakan ini dianggap berkontribusi pada peradangan dan penumpukan stres oksidatif.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University dan diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa pistachio memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi. Bahkan kadar antioksidannya bisa menyaingi blueberry, delima, dan lain-lain."

"Data menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang pistachio sebagai bagian dari pola makan teratur dapat secara positif memengaruhi penuaan sel dan umur panjang di antara mereka yang menderita pra-diabetes," jelas Lauren.

2. Salmon

Superfood lain yang luar biasa untuk membantu memperlambat proses penuaan adalah salmon, serta banyak jenis ikan berlemak lainnya. Ahli Gizi Lisa Young menjelaskan, salmon adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik, nutrisi yang penting untuk mempertahankan massa otot, dan sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Neurology menemukan bahwa mereka yang berusia 40-an dan 50-an yang sel darah merahnya mengandung kadar omega-3 yang lebih tinggi memiliki fungsi kognitif dan struktur otak yang lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki jumlah omega-3 yang lebih rendah.

3. Cranberry

Lauren mengatakan, cranberry mengandung senyawa tanaman yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, terutama jika berfokus pada penuaan kognitif. Data menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus cranberry setiap hari selama tiga bulan dapat meningkatkan kinerja memori dan fungsi saraf.

“Selain manfaat yang berhubungan dengan kognitif yang dapat ditawarkan buah ini, Cranberry juga merupakan sumber vitamin C, nutrisi yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas pada kulit yang menua," kata Lauren.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement