Jumat 08 Oct 2021 03:00 WIB

7 Tips Hemat Saat Mencuci Baju di Rumah

Pengeluaran terkait urusan mencuci baju bisa dihemat dengan beragam cara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Mesin cuci (ilustrasi). Mencuci sekaligus banyak dapat menghemat air, deterjen, dan listrik.
Foto:

4. Gunakan sedikit deterjen saja

Ternyata, menggunakan terlalu banyak deterjen adalah hal yang buruk untuk dilakukan. Baju bisa lebih awet dengan menggunakan deterjen lebih sedikit. Menggunakan deterjen sepertiga dari takaran yang disarankan tetap memberikan hasil yang baik.

"Kami menemukan bahwa kita bisa mendapatkan hasil cucian yang tetap bagus meski hanya mengurangi deterjen dari takaran yang disarankan," kata Ashley.

5. Jangan gunakan pelembut pakaian

Pelembut pakaian akan mengurangi daya serap air pada cucian. Pelembut juga merupakan kabar buruk bagi handuk karena bisa membuatnya kasar seiring waktu."Pelembut pakaian juga mengurangi ketahanan api pada pakaian yang berarti kita sama sekali tidak boleh menggunakannya pada pakaian tidur anak-anak," kata Ashley.

6. Minimalisir penggunaan mesin pengering

Jika ada lahan untuk menjemur baju, baiknya jemur saja baju yang telah dicuci. Tetapi jika memang terpaksa harus menggunakan mesin pengering, pastikan untuk menggunakannya dengan kecepatan tinggi, sehingga pakaian tidak perlu lama berada di mesin pengering.

7. Belanja cerdas saat membeli mesin cuci

Salah satu hal terbesar yang harus diperhatikan adalah membeli peralatan yang akan memberikan hasil terbaik dengan harga terbaik. Pilih mesin cuci dengan mesin pengering yang lebih murah, tetapi performanya baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement