Jumat 08 Oct 2021 03:00 WIB

7 Tips Hemat Saat Mencuci Baju di Rumah

Pengeluaran terkait urusan mencuci baju bisa dihemat dengan beragam cara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Mesin cuci (ilustrasi). Mencuci sekaligus banyak dapat menghemat air, deterjen, dan listrik.
Foto: safebee
Mesin cuci (ilustrasi). Mencuci sekaligus banyak dapat menghemat air, deterjen, dan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuci pakaian adalah salah satu pekerjaan rumah yang tidak bisa dihindari. Tetapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat prosesnya lebih mudah. 

Di samping itu, ada tips yang sangat sederhana untuk menghemat pengeluaran. Berikut adalah tujuh hal utama yang bisa dipraktikkan:

Baca Juga

1. Mencuci pakaian yang banyak

Mencuci pakaian kotor saat jumlahnya masih sedikit sama saja dengan membuang air, deterjen, dan listrik dua kali lipat. Jadi simpan dulu dan cuci sekaligus banyak.

Bagi kebanyakan orang, ini berarti mencuci dilakukan setiap dua hingga tiga hari. Sekeranjang cucian penuh hanya berisi sekitar 3,5 kilogram cucian.

"Mesin cuci bisa menampung lebih banyak lagi," kata ahli penatu, Ashley Iredale.

2. Mencuci dengan air dingin

Dalam hal mencuci, kita akan mendapatkan hasil yang hampir sama saat mencuci dengan air hangat atau air dingin. Tetapi kita akan menggunakan listrik yang jauh lebih sedikit jika mencuci dengan air dingin.

3. Pemilihan deterjen

Ada banyak pengujian pada deterjen berperforma terbaik selama bertahun-tahun. Jadi memilih deterjen berkinerja terbaik akan membuat lebih hemat, terutama yang harganya terjangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement