Rabu 06 Oct 2021 12:29 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Serangan Jantung

Kebiasaan tertentu terkait gaya hidup dapat memicu serangan jantung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit jantung (ilustrasi). Gejala serangan jantung termasuk nyeri dada atau ketidaknyamanan, merasa lemah, pingsan, pusing, nyeri pada satu atau kedua lengan atau bahu, sesak napas, dan nyeri atau ketidaknyamanan pada rahang, leher hingga punggung.
Foto:

3. Terlalu banyak alkohol juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah. Konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kadar trigliserida dalam darah.

4. Penggunaan tembakau meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. CDC memperingatkan merokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Nikotin meningkatkan tekanan darah dan karbon monoksida dari asap rokok mengurangi jumlah oksigen yang dapat dibawa oleh darah.

5. Mayo Clinic memperingatkan bahwa penggunaan obat-obatan terlarang, termasuk stimulan, seperti kokain atau amfetamin, dapat memicu kejang pada arteri koroner.

6. Bukan cuma perokok, orang yang terpapar asap rokok juga punya risiko serangan jantung. Mereka yang melihat gejala serangan jantung harus segera menghubungi nomor panggilan darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement