Rabu 06 Oct 2021 08:49 WIB

Nama Shakira Hingga Elton John Muncul dalam Pandora Papers

Shakira juga telah terlibat dalam kasus dugaan penggelapan pajak di Spanyol.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Shakira termasuk sosok dunia yang namanya tercantum dalam Pandora Papers.
Foto: EPA
Penyanyi Shakira termasuk sosok dunia yang namanya tercantum dalam Pandora Papers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan musisi dunia seperti Shakira, Elton John, dan Ringo Starr termasuk di antara tokoh yang muncul dalam bocoran dokumen penggelapan pajak, harta tersembunyi, serta pencucian uang, yaitu Pandora Papers. Dokumen itu diterbitkan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Mantan perdana menteri Inggris Tony Blair, penyanyi Julio Iglesias, dan model Jerman Claudia Schiffer juga termasuk di antara orang-orang yang terkenal yang disebutkan dalam bocoran data transaksi keuangan swasta yang mengekspose investasi luar negeri sebagai salah satu cara untuk menghindari pajak. Bocoran data itu diterbitkan oleh beberapa media, termasuk The Guardian dan The Washington Post pada akhir pekan.

Baca Juga

Otoritas pajak di Australia dan Inggris telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menyelidiki dokumen tersebut dalam upaya untuk mencari potensi pelanggaran hukum pajak. Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak juga telah menyatakan bahwa departemennya sedang meninjau informasi yang dibocorkan.

"Kami akan memeriksanya untuk melihat apakah ada sesuatu yang bisa kami pelajari," ujarnya kepada Sky News, seperti dikutip dari laman Ace Showbiz, Selasa (5/10).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement