Jumat 29 Mar 2024 16:42 WIB

Bruce Springsteen Terima Penghargaan Tertinggi Penghargaan Penulis Lagu

Springsteen bergabung dengan nama-nama terkenal lain, termasuk Elton John dan Sting.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Penyanyi Bruce Springsteen dan E Street Band tampil selama tur 2023 mereka Rabu, 1 Februari 2023, di Amalie Arena di Tampa, Florida.
Foto: AP/Chris O'Meara
Penyanyi Bruce Springsteen dan E Street Band tampil selama tur 2023 mereka Rabu, 1 Februari 2023, di Amalie Arena di Tampa, Florida.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rocker AS Bruce Springsteen akan menjadi penulis lagu internasional pertama yang menerima Ivors Academy Fellowship tahun ini, penghargaan tertinggi yang diberikan oleh asosiasi yang berbasis di Inggris.

Penyanyi-penulis lagu dan gitaris berusia 74 tahun itu akan diberi penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa terhadap karya penulisan lagu, dan pengaruhnya terhadap lanskap budaya Inggris. Penghargaan akan diberikan di Ivors, London, pada Mei 2024 mendatang.

Baca Juga

Lahir di Amerika Serikat, pelantun "The River" itu akan menjadi Anggota Akademi ke-27, bergabung dengan nama-nama terkenal lainnya, termasuk Elton John, Sting, Kate Bush dan Paul McCartney. Springsteen mengatakan dia bangga menjadi penulis lagu internasional pertama yang diakui oleh The Ivors Academy.

“Selain sebagai pengakuan atas penulisan lagu saya, penghargaan ini juga merupakan penghormatan kepada para penggemar dan teman-teman yang telah mendukung saya dan karya saya selama 50 tahun terakhir,” kata Springsteen dalam sebuah pernyataan.

“Seluruh negara ini telah membuat saya merasa diterima di setiap langkah saya, dan untuk itu, saya akan selalu sangat mengapresiasinya,” ujar dia lagi.

Sringsteen, yang karir albumnya berlangsung sekitar 50 tahun dimulai dengan perilisan album debutnya tahun 1973 Greetings from Asbury Park, N.J. telah terjual lebih dari 140 juta rekaman di seluruh dunia.

Penduduk asli New Jersey yang dijuluki The Boss itu, telah meraih penghargaan termasuk 20 Grammy Awards dan sebuah Oscar. Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1999.

Dia merilis album studio ke-21 Only the Strong Survive pada 2022, yang merupakan kumpulan cover lagu R&B dan soul.

“Penulis lagu adalah pendongeng yang hebat, yang mengabadikan kehidupan, cinta, dan kesulitannya. Bruce selalu menceritakan kisah-kisah terhebat,” kata Ketua The Ivors Academy, Tom Gray.

Dinamakan berdasarkan nama komposer, aktor, dan penghibur Welsh awal abad ke-20, Ivor Novello, Ivor Awards pertama kali diberikan pada 1956.

Mereka mengumumkan rekan-rekan barunya secara terpisah, dan daftar nominasi tahun ini akan diumumkan bulan depan menjelang upacara penghargaan pada 23 Mei 2024.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement