Ahad 03 Oct 2021 11:48 WIB

Tingkat Kesulitan Mendaki dan Bekal Makanan yang Tepat

Persiapkan makanan bekal yang cukup agar tak mengalami masalah kesehatan.

Tingkat Kesulitan Mendaki dan Bekal Makanan yang Tepat
Foto:

3. Level sulit

Pendakian level ini memakan waktu 5-7 jam dengan medan sebagian besar tanjakan, tikungan, sehingga bekal makanan menjadi keharusan.

"Setiap kali Anda melakukan aktivitas berat, terutama untuk waktu yang lama, penting tidak hanya untuk menyediakan energi (alias kalori) untuk latihan Anda, tetapi juga untuk membantu bahan bakar otot Anda," ujar ahli diet di New York, Amy Gorin.

Mengenai asupan yang Anda perlukan, Gorin merekomendasikan karbohidrat dan protein untuk perbaikan otot. Sementara itu, makanan berlemak tinggi mungkin tidak diperlukan karena dapat membebani perut sehingga mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman selama mendaki.

Rekomendasi bekal makanan Gorin, antara lain buah apel, sandwich dengan irisan apel, dendeng sapi sebagai sumber protein dan natrium yang juga merupakan elektrolit. Berbicara tentang elektrolit, Gorin menganjurkan Anda membawa minuman yang diperkaya elektrolit pada pendakian level ini.

"Tidak diragukan lagi Anda akan berkeringat saat mendaki selama berjam-jam. Ini saatnya Anda tidak perlu khawatir tentang makan makanan rendah sodium karena sodium adalah elektrolit. Jadi pilihlah dendeng atau segenggam kacang asin," demikian saran dia.

photo
Daging olahan berupa dendeng sapi. - (Flickr)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement