Kamis 16 Sep 2021 06:56 WIB

3 Tanda Alami Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa bisa memunculkan gejala yang berbeda pada tiap orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Intoleransi laktosa bisa memunculkan gejala yang berbeda pada tiap orang (Foto: ilustrasi)
Foto:

Yang Perlu Dilakukan

Bila mengalami gejala tersebut setelah mengonsumsi produk susu dan curiga mengalami intoleransi laktosa, coba periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan sejumlah tes untuk menegakkan diagnosis. Beberapa tes yang bisa dilakukan adalah tes napas hidrogen dan tes darah.

Pengobatan

Intoleransi laktosa memang tak bisa disembuhkan. Akan tetapi, gejala intoleransi laktosa dapat dikelola dan bahkan dihindari dengan mengontrol pola makan dan memantau asupan laktosa.

Salah satu kiat yang dapat dilakukan adalah bereksperimen dengan beragam produk susu. Cara ini bermanfaat untuk mengetahui produk susu apa yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Sebagai contoh, sebagian penderita intoleransi laktosa masih bisa mengonsumsi keju keras tanpa harus mengalami masalah pencernaan atau hanya sedikit mengalami masalah tersebut.

Kiat lain yang dapat dilakukan adalah mengontrol porsi produk susu yang dikonsumsi. Porsi yang lebih kecil dapat membantu mengurangi atau menghindari gejala intoleransi laktosa.

Cara lain untuk meredakan gejala adalah dengan mengonsumsi produk susu bersamaan dengan makanan lain. Upaya lain yang dapat menjadi solusi adalah mencari produk yang rendah atau bebas laktosa.

Beberapa suplemen enzim laktase juga dapat membantu mencerna makanan yang mengandung laktosa. Suplementasi ini pun bisa menurunkan ketidaknyamanan di perut setelah mengonsumsi produk susu.

Baca juga : Efek Vaksin Covid-19 pada Siklus Menstruasi Perlu Diteliti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement