Selasa 14 Sep 2021 01:04 WIB

Tata Letak Supermarket Pengaruhi Pilihan Makanan Pelanggan

Penempatan buah di pintu masuk supermarket dorong pelanggan pilih makanan sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Belanja di supermarket. Peniadaan gula-gula di dekat kasir juga bantu pelanggan pilih makanan yang lebih sehat untuk dikonsumsi.
Foto:

Penelitian ini lebih komprehensif daripada penelitian sebelumnya yang menguji strategi penempatan dapat mempromosikan pembelian makanan sehat yang terbatas cakupannya. Misalnya, hanya dengan memasukkan satu lokasi (yaitu, kasir) atau menempatkan produk sehat dan tidak sehat secara bersamaan.

Prof Baird menjelaskan, hasil studi memberikan bukti baru yang menunjukkan bahwa larangan pemerintah Inggris yang dimaksudkan pada penempatan makanan tidak sehat di gerai ritel dapat bermanfaat untuk diet masyarakat. Efeknya dapat lebih ditingkatkan jika persyaratan untuk bagian produk di dekat pintu masuk supermarket dimasukkan ke dalam peraturan.

Matt Downes, Kepala Pengembangan Format di Iceland Food mengatakan, pihaknya dengan senang hati mendukung studi jangka panjang ini berikut evaluasi tentang bagaimana penempatan produk di supermarket dapat memengaruhi pola makan pelanggan. Pihaknya juga mengetahui bahwa obesitas pada masa kanak-kanak adalah masalah yang berkembang dan industri ritel memiliki peran dalam mengatasi hal itu.

"Kami berharap hasil studi ini memberikan wawasan bagi industri ritel yang lebih luas dan pembuat kebijakan tentang dampak merchandising toko pada keputusan pembelian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement