Rabu 08 Sep 2021 18:06 WIB

Rumah Pencipta The Muppets Dipasangi Plakat Biru

Jim Henson, pencipta The Muppets, merupakan warga AS yang tinggal di London.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
The Muppets mendapat bintang di Hollywood Walk of Fame pada 20 Maret 2012. The Muppets merupakan karakter ciptaan Jim Henson.
Foto: EPA
The Muppets mendapat bintang di Hollywood Walk of Fame pada 20 Maret 2012. The Muppets merupakan karakter ciptaan Jim Henson.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pencipta The Muppets, Jim Henson, diberi penghargaan plakat biru di London, Selasa (7/9). Plakat biru dipasang di bekas rumahnya di 50 Downshire Hill di Hampstead, London utara.

Henson sebetulnya warga Amerika Serikat. Ia membeli rumah itu setelah The Muppet Show dibuat untuk televisi Inggris.

Baca Juga

“Jim Henson 1936-1990 pencipta The Muppets tinggal di sini,” tulis pesan di plakat biru.

Henson tinggal di London dari 1979 hingga kematiannya pada 1990. Ia meninggal dalam usia 53 tahun.

Henson dikenal karena karyanya di Sesame Street dan Fraggle Rock, dan sebagai sutradara film 1980-an The Dark Crystal dan Labyrinth. Sejarawan plakat biru di English Heritage, Rebecca Preston, mengatakan bahwa Henson layak mendapatkan penghargaan terakhirnya.

Badan amal English Heritage telah menjalankan program Plakat Biru London sejak 1986. Preston menyebut, karya-karya Jim Henson terus memengaruhi budaya populer secara global.

“Tulisan besar, karya yang dia ciptakan, dan penghargaan yang dia menangkan bahkan lebih mengesankan, mengingat kematiannya yang terlalu dini,” kata Preston.

The Muppet Show difilmkan di Elstree Studios, beberapa mil di utara Ibu Kota Inggris. Henson menjadikan Inggris rumah kreatif untuk banyak proyek berikutnya. Dia bahkan mendirikan workshop dan ruang kantor di jalan yang sama dengan rumahnya.

Brian Henson yang merupakan ketua The Jim Henson Company  menjelaskan, ayahnya pindah ke London untuk membuat The Muppet Show. Menurut Brian, ayahnya memilih untuk tetap tinggal di sana karena sangat terkesan dengan banyak artis berbakat di Inggris.

“Merupakan suatu kehormatan memiliki rumah Inggris milik Jim Henson yang diakui dengan plakat biru, mengetahui dia sangat mengagumi dan menghormati bakat di London, dan bahwa ini adalah tempat yang dia sebut rumah ketika membuat beberapa produksinya yang paling berkesan,” ujar Brian.

Program plakat biru London dimulai lebih dari 150 tahun lalu. Plakat menghargai orang-orang yang mencapai sesuatu yang berharga dalam hidup mereka dan yang menjadikan London rumah mereka di beberapa titik. Ada lebih dari 900 plakat resmi di Ibu Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement