Rabu 08 Sep 2021 17:08 WIB

Film Animasi yang Ceritanya Dianggap Gagal

Film-film ini memiliki animasi menawan, namun tidak demikian dari sisi penceritaan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Film Ralph Breaks the Internet.
Foto: Walt Disney Studios
Film Ralph Breaks the Internet.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pembuatan film, seperti kebanyakan usaha kreatif atau bisnis, adalah pekerjaan penyeimbangan pendanaan dan manajemen waktu yang bisa salah jika tidak ditangani dengan hati-hati. Ada lebih dari cukup cerita tak mengenakkan ide film yang berantakan selama proses pengembangan.

Ketika berbicara tentang film animasi, khususnya animator dan penulis bekerja dalam kapasitas yang sepenuhnya terpisah dan jarang berkomunikasi satu sama lain. Ketika semua anggota staf dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik, maka keseluruhan film adalah pengalaman yang menyenangkan.

Namun, ada sejumlah contoh di mana film animasi yang indah akhirnya mengecewakan yang secara efektif membuat semua kerja keras mereka sia-sia. Berikut beberapa film itu, seperti dilansir laman CBR, Rabu (8/9): 

1. The Emoji Movie (2017)

photo
The Emoji Movie - (Sony Animation Pictures via AP)

 

Film The Emoji Movie yang dirilis pada 2017 secara universal dianggap memiliki cerita berlebihan dan lelucon yang membosankan. Meskipun film ini memiliki animasi yang kompeten yang melengkapi gaya seninya yang sangat bagus, namun itu tidak cukup untuk menyelamatkan film. 

Mirip dengan The Lego MovieThe Emoji Movie mencoba untuk melibatkan penonton dengan memberikan interpretasi yang menyenangkan dari item dunia nyata, tetapi gagal karena tidak ada yang menarik dari film ini dari awal hingga akhir.

2. The Lion King (2019)

photo
The Lion King - (Disney via AP)

 

Film The Lion King yang dirilis pada 2019 itu disebut sebagai live-action Lion King. Sayangnya, film itu mendapat banyak kritik.

Banyak yang berpendapat, fokus untuk membuat karakter tampak lebih realistis menghilangkan banyak keajaiban yang dimiliki film aslinya. Ketika film itu akhirnya dirilis, banyak orang membuktikan kebenaran argumen itu. 

Para penonton juga menyesalkan fokus para pembuat film ini kepada perekrutan aktor pengisi suara selebritas dibandingkan dengan profesional industri. Itu dinilai membuat film ini terasa kurang seperti sebuah cerita.

Terlepas dari semua ini, tidak dapat disangkal bahwa teknologi yang digunakan untuk membuat ulang film itu sangat canggih. Segala sesuatu tentang film tampak sangat realistis yang merupakan pencapaian yang signifikan.

3. Ralph Breaks the Internet (2018)

photo
Film Ralph Breaks the Internet. - (Walt Disney Studios)

 

Film Wreck-it Ralph pada 2012 adalah penghormatan yang menawan untuk gim video klasik. Sekuel yang telah lama ditunggu-tunggu, Ralph Breaks the Internet, masih merupakan film yang menyenangkan dengan urutan animasi yang sangat baik, tetapi tidak memiliki kepribadian yang terlihat seperti aslinya.

Ralph Breaks the Internet mencoba mengalahkan banyak kualitas Wreck-It Ralph tetapi gagal dalam beberapa cara. Di mana referensi gim video dunia nyata dalam film aslinya sangat menawan, penempatan produk daring di sekuelnya secara signifikan kurang diterima. Selain itu, sekuelnya tidak memiliki penjahat sentral, yang berarti bahwa plotnya cenderung menggelepar selama beberapa waktu sebelum akhirnya berakhir.

4. Cars 2 (2011)

photo
Film Cars 2. - (Walt Disney Studios)

 

Film Pixar memiliki tradisi out of the box dalam hal animasi visual mereka. Setiap film Pixar baru yang dirilis memiliki potensi untuk dianggap sebagai film animasi dengan tampilan terbaik, dan Cars 2 tidak berbeda. Film itu dinominasikan untuk sejumlah penghargaan kategori Efek Animasi Terbaik.

5. Planes (2013)

photo
Film Planes. - (Walt Disney Studios)

 

Dirilis pada tahun yang sama dengan Turbo dan menerima jumlah yang sama dari keraguan penonton, Planes adalah upaya Pixar untuk memanfaatkan waralaba Cars. Dianggap sebagai spin-off dari CarsPlanes berkisah tentang Dusty, seorang penghapus tanaman yang ingin menjadi pembalap udara.

Film ini dikritik keras oleh para kritikus. Banyak yang tidak menyukai bahwa cerita tersebut sebagian besar merupakan versi udara dari plot Cars dengan sedikit perubahan. Meski begitu, filmnya memang terlihat bagus, dengan banyak warna cerah, dan harus diakui, balapannya cukup seru. Sebagai pengalih perhatian bagi anak-anak, film ini berhasil, tetapi di hampir semua bidang lainnya, film ini dianggap gagal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement