Selasa 31 Aug 2021 06:35 WIB

9 Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Jelang PTM

Sebagai langkah persiapan PTM, orang tua perlu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Siswa kelas III antre mencuci tangannya sebelum mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (23/8/2021). Daya tahan tubuh anak perlu dijaga, terlebih menjelang PTM.
Foto:

8. Konsumsi suplemen

NHS merekomendasikan anak usia enam bulan hingga lima tahun mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, C, dan D setiap hari. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan apoteker untuk memilih suplemen yang paling sesuai, karena konsumsi vitamin berlebihan pun bisa berbahaya.

"Pertimbangkan suplemen probiotik yang dapat mengurangi tingkat keparahan dan durasi pilek dengan merangsang aktivitas sel-sel T-limfosit yang mengatur respons imun," ujar Brewer.

9. Makan menu beragam

Sistem kekebalan tubuh manusia sebagian besar dibangun dari makanan yang dikonsumsi. Makan menu beragam dengan banyak warna seperti buah dan sayuran sangat baik karena penuh dengan vitamin dan nutrisi penting.

Phil Day memaklumi jika anak-anak terkadang menolak makan buah atau sayur tertentu, jadi orang tua perlu mencoba trik khusus. "Bawa anak-anak berbelanja dan biarkan mereka memilih buah dan sayuran yang mereka sukai," ucapnya.

Baca juga : Wapres Dukung Fesyen Muslim Masuk Kurikulum Pendidikan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement