Selasa 31 Aug 2021 06:35 WIB

9 Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Jelang PTM

Sebagai langkah persiapan PTM, orang tua perlu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Siswa kelas III antre mencuci tangannya sebelum mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (23/8/2021). Daya tahan tubuh anak perlu dijaga, terlebih menjelang PTM.
Foto:

5. Berjalan ke sekolah

Jika memungkinkan, anak-anak dapat berjalan ke sekolah ketika pembelajaran secara tatap muka kembali berlangsung. Perjalanan menuju dan dari sekolah menjadi sorotan pakar imunologi Ross Walton. Mengantar dan menjemput anak naik kendaraan pribadi bisa jadi opsi aman. Akan tapi, itu juga menghadirkan beban lingkungan.

"Cara paling sehat untuk kembali ke sekolah idealnya adalah berjalan kaki di udara terbuka, atau bersepeda jika cukup aman bagi anak untuk melakukannya," tutur peneliti klinis pendiri A-IR.com itu.

Baca juga : Luhut Sebut Kasus Covid-19 Nasional Turun 90,4 Persen

6. Semprotan hidung

Direktur medis Healthspan, Sarah Brewer, menganjurkan orang tua menyediakan semprotan hidung untuk anak. Benda itu disebutnya dapat menawarkan lapisan perlindungan ekstra di saluran hidung.

Hidung kerap jadi area pertama di mana partikel virus masuk ke dalam tubuh. Semprotan hidung berpotensi memberikan lapisan yang menonaktifkan bakteri yang masuk hingga beberapa jam.

7. Echinacea

Sebagian orang menggunakan tanaman echinacea sebagai cara tradisional meningkatkan imunitas. Selain bahan herbal yang diracik sendiri, ada pula yang memakai suplemen echinacea produksi pabrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement