Sabtu 28 Aug 2021 06:23 WIB

ZOE: Beringus-Sakit Kepala Gejala Covid-19 Kasus Terobosan

Gejala pada kasus terobosan tampak berbeda dengan gejala Covid-19 sebelum vaksinasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria sedang menyeka ingus (Ilustrasi). Gejala paling jamak pada kasus infeksi terobosan vaksin sedikit berbeda dibandingkan gejala umum Covid-19 sebelum orang divaksinasi.
Foto:

Studi ZOE COVID juga mendapati bahwa imunitas yang terbentuk dari vaksin Covid-19 tampak bisa memudar, khususnya pada orang yang baru menerima satu dosis vaksin. Setidaknya, penurunan ini terlihat pada dua jenis vaksin, yaitu vaksin Pfizer dan AstraZeneca.

photo
Gejala Covid-19 terkait varian Delta. - (Republika)

Sebagai perbandingan, vaksin Pfizer memiliki efektivitas sebesar 88 persen dalam kurun waktu satu bulan setelah pemberian dosis kedua. Efektivitas ini menurun jadi 74 persen setelah lima atau enam bulan.

Pada vaksin AstraZeneca, efektivitas yang dimiliki satu bulan setelah pemberian dosis kedua vaksin adalah 77 persen. Efektivitas tersebut menurun jadi 67 persen pada bulan kelima.

Berdasarkan temuan ini, peneliti menilai orang yang baru mendapatkan satu dosis vaksin Covid-19 mungkin memiliki proteksi yang jauh lebih rendah. Itu sebabnya, memakai masker dan menjaga jarak serta praktik pencegahan Covid-19 tetap perlu diterapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement