Jumat 27 Aug 2021 16:03 WIB

Manfaat Makan Salmon, Jantung Sehat dan Sumber Antioksidan

Studi menyebutkan banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi salmon.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Studi menyebutkan banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi salmon.
Foto:

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak 

Ikan berlemak seperti salmon mungkin dapat meningkatkan kesehatan otak dan bahkan memperlambat penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.  Sebuah penelitian terhadap orang dewasa Cina dari Journal of Nutrition menemukan bahwa nutrisi kuat dalam ikan (termasuk salmon) seperti vitamin D, vitamin B, magnesium, dan selenium, dapat berdampak positif pada fungsi kognitif.

Dari peserta yang berusia di atas 65 tahun, mereka yang mengonsumsi ikan lebih dari sekali seminggu mengalami peningkatan otak yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi ikan per minggu.

 

5. Dapat Antioksidan yang Bermanfaat

Salmon mendapatkan warna merah muda/merah alami dari senyawa kimia yang disebut astaxanthin.  Ini adalah pigmen alami yang juga merupakan antioksidan dengan banyak manfaat kesehatan.

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di Marine Drugs, astaxanthin telah dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi, serta dampak positif dalam mengurangi risiko kanker dan diabetes tertentu.  Secara khusus, salmon yang ditangkap secara liar dikenal memiliki jumlah astaxanthin yang tinggi.

Sebuah studi tahun 2005 dari Asian Journal of Andrology bahkan menemukan hasil positif pada kesuburan pria dan kecepatan sperma setelah diberikan percobaan astaxanthin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement